Tautan-tautan Akses

Inspektur Nuklir PBB Kunjungi Fasilitas Nuklir Iran


Para inspektur nuklir PBB memulai kunjungan 3 hari untuk memeriksa salah satu tempat pengolahan uranium yang kontroversial di Iran. Tim inspeksi dari Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) itu tiba di Iran, Sabtu, dan akan meninjau fasilitas nuklir di Qom Minggu.

Iran baru-baru ini mengakui membangun fasilitas pengolahan uranium. Kepala urusan nuklir Iran, Ali Akbar Salehi mengatakan, Iran membolehkan para inspektur PBB itu mengunjungi fasilitas nuklir untuk membuktikan niat baik Iran dan untuk meyakinkan komunitas dunia mengenai aktivitas nuklirnya yang bertujuan damai.

Iran masih membahas pengaturan dukungan PBB mengenai pengolahan uranium Iran oleh Rusia untuk digunakan dalam reaktor penelitian Iran.

Perjanjian, yang disepakati Rusia, Amerika dan Perancis itu akan mencegah Iran mengolah uraniumnya ke tingkat yang dapat digunakan untuk membuat senjata nuklir.

Hari Sabtu, ketua parlemen Iran mengecam rencana itu dan menuduh negara-negara barat mencoba menyurangi dan menekan Iran dengan perjanjian tersebut.

Ketua juru runding nuklir Iran, Ali Asgar Soltaniyeh mengatakan Iran akan memberi jawaban atas tawaran itu pekan depan.

Lima anggota tetap dewan keamanan PBB ditambah Jerman akan mengadakan perundingan dengan Iran akhir bulan ini di Jenewa.


XS
SM
MD
LG