Tautan-tautan Akses

Hadiah Nobel Perdamaian bagi Obama Peroleh Reaksi Beragam


Di Amerika, reaksi terhadap hadiah Nobel Perdamaian bagi Presiden Barack Obama beragam, dengan beberapa komentar berbeda sejalan dengan perbedaan partai. Mantan Presiden dari partai Demokrat Jimmy Carter, yang juga pemenang Nobel, memuji kemenangan itu sebagai pernyataan yang tegas untuk mendukung komitmen Obama dalam perdamaian internasional.

Mantan Wakil Presiden dari partai Demokrat, Al Gore, yang juga penerima Nobel, menyebutnya sebagai sangat pantas dan kehormatan bagi Amerika.

Senator partai Republik, John McCain, yang menjadi saingan Obama ketika kampanye, menawarkan dukungannya. McCain berkata kepada CNN bahwa meskipun cukup mengejutkan, Amerika akan selalu gembira ketika Presiden mereka mendapat pengakuan. Ia mengatakan ia percaya keputusan Nobel itu didasarkan atas harapan mereka.

Namun, ketua Partai Republik, Michael Steele, mengatakan Obama tidak pantas mendapat penghargaan itu. Dalam pernyataannya hari Jumat, Steele mengatakan sangatlah disayangkan bahwa citra bintang Presiden Obama mengalahkan kandidat-kandidat lain yang menurutnya telah melakukan banyak pencapaian di bidang perdamaian dan HAM. Beberapa komentator konservatif mengatakan komite Nobel telah mempermalukan organisasi itu dan bahwa Presiden Obama belum melakukan cukup untuk memenangkan Nobel.

Sementara itu, Presiden Barack Obama, yang memegang jabatan itu kurang dari setahun mengatakan dia menerima penghargaan Nobel Perdamaian itu sebagai "panggilan untuk bertindak". Presiden memberitahu para wartawan pada jumpa pers Jumat pagi bahwa dia terkejut dengan penghargaan itu.

Presiden Obama mengatakan ia tidak memandangnya sebagai pengakuan atas prestasinya tapi lebih sebagai pengakuan akan tujuan-tujuan yang telah dicanangkannya untuk Amerika Serikat dan dunia. Ia mengatakan tidak merasa pantas disejajarkan dengan tokoh-tokoh reformis lain yang telah mendapat penghargaan serupa.

Komentar itu disampaikan hanya beberapa jam setelah pengumuman tak terduga tersebut di Oslo. Ketua Komite Nobel Thorbjoern Jagland memuji Obama atas apa yang disebut komite sebagai "upaya luar biasanya untuk memperkuat diplomasi internasional dan kerjasama antara bangsa." Jagland mengatakan komite mencatat pentingnya visi dan usaha Obama bagi dunia tanpa senjata nuklir.

Pengumuman itu disambut dengan hembusan nafas terkejut dari para hadirin. Keputusan itu diterima dengan baik oleh para pemenang penghargaan Nobel dan para peminpin dunia. Tapi ada pihak yang mengatakan Obama masih belum memberi sumbangan signifikan di kancah internasional.


XS
SM
MD
LG