Tautan-tautan Akses

Obama Menangkan Penghargaan Nobel Perdamaian


Presiden Barack Obama, yang baru menjabat kurang dari setahun mengatakan dia menerima penghargaan Nobel Perdamaian itu sebagai “panggilan untuk bertindak”

Presiden memberitahu para wartawan pada jumpa pers Jumat pagi bahwa ia terkejut dengan penghargaan itu.

Menurut presiden, ia tidak memandangnya sebagai pengakuan atas prestasinya tapi lebih sebagai pengakuan akan tujuan-tujuan yang telah dicanangkannya untuk Amerika Serikat dan dunia.

Ia mengatakan dirinya tidak merasa pantas disejajarkan dengan tokoh-tokoh perdamaian lain yang telah mendapat penghargaan serupa.

Komentar itu disampaikan hanya beberapa jam setelah pengumuman tak terduga tersebut di Oslo. Ketua Komite Nobel Thorbjoern Jagland memuji Presiden Obama atas apa yang disebut komite sebagai “upaya luar biasanya untuk memperkuat diplomasi internasional dan kerjasama antara bangsa."

Jagland mengatakan komite Nobel Perdamaian mencatat pentingnya visi dan usaha Obama bagi dunia tanpa senjata nuklir.

Pengumuman itu disambut dengan hembusan napas terkejut dari para hadirin. Keputusan itu diterima dengan baik oleh para pemenang penghargaan Nobel dan para peminpin dunia. Tapi ada pihak yang mengatakan Presiden Obama masih belum memberi sumbangan signifikan di kancah internasional.

XS
SM
MD
LG