Tautan-tautan Akses

AS Terus Desak Perundingan Damai, Meski Israel Pesimis


Utusan Amerika untuk Timur Tengah George Mitchell mendesak Israel dan Palestina agar memulai kembali perundingan perdamaian, meskipun Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman meragukan bahwa perjanjian perdamaian tuntas dapat dicapai dalam waktu dekat.

Beberapa jam sebelum bertemu dengan Mitchell hari Kamis, Lieberman mengatakan melalui Radio Israel, kedua pihak seyogyanya berusaha mencapai perjanjian sementara, dan menyelesaikan isu-isu yang sulit pada kemudian hari.

Lieberman mengatakan, adalah tidak realistis untuk mengharapkan bahwa Israel dan Palestina akan menyetujui cara-cara menyelesaikan isu-isu emosional seperti masa depan kota Yerusalem.

Ia menegaskan, banyak konflik di dunia di mana yang bersangkutan akhirnya menerima keadaan, sementara masalahnya tidak pernah terselesaikan dengan tuntas.

Mitchell memulai babak terbaru pembicaraannya di Timur Tengah dengan menemui Presiden Shimon Peres, Liberman dan Menteri Pertahanan Ehud Barack hari Kamis. Kepada para pejabat Israel, Micthell mengatakan Amerika akan terus mendesak dibukanya kembali perundingan damai yang sudah 10 bulan macet.



XS
SM
MD
LG