Tautan-tautan Akses

Sarkozy Adakan Resepsi Kedatangan Betancourt di Istana Presiden


Setelah diselamatkan secara dramatis dari enam tahun disandera pemberontak kiri FARC di Kolombia, politisi yang berdwi-kewarganegaraan Perancis-Kolombia, Ingrid Betancourt hari Jumat telah tiba di Prancis.

Setibanya di sana ia mengatakan ia sudah lama memimpikan pulang dan dengan air mata berlinang berterima kasih kepada Prancis yang terus mengusahakan pembebasannya. Ia juga berterima kasih kepada pemerintah Kolombia yang telah melakukan operasi penyelamatan non kekerasan dan tanpa cacad.

Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan isterinya Carla Bruni menyambut Betancourt bersama anak-anaknya di bandar udara kemudian mengadakan resepsi bagi Betancourt di istana presiden.

Betancourt bergabung kembali dengan putera dan putrinya di Bogota hari Kamis kurang dari sehari setelah dibebaskan oleh militer Kolombia bersama 14 sandera lain termasuk 3 kontraktor pertahanan Amerika.

Menurut keterangan dinas intelijen Kolombia memperdayai FARC untuk memindahkan sandera mereka yang paling penting dengan helikopter ke lokasi lain. Sandera kemudian dimasukkan ke dalam pesawat yang ternyata adalah helikopter pemerintah untuk selanjutnya dibawa ke tempat aman.


XS
SM
MD
LG