Tautan-tautan Akses

Militer Kolombia Berhasil Bebaskan Ingrid Betancourt dari Tangan Pemberontak FARC


Militer Kolombia telah berhasil membebaskan politisi Kolombia yang juga warga Perancis Ingrid Betancourt serta 3 orang warga Amerika kontraktor pertahanan, dari tangan pemberontak kiri FARC. Para sandera telah ditahan selama bertahun-tahun di kamp-kamp rahasia di hutan.

Sebelas sandera lainnya dibebaskan hari Rabu dalam operasi pertolongan yang melibatkan para pejabat intelijens yang tadinya telah menyusup satuan pemberontak yang bertugas menjaga para sandera. Para pejabat mengatakan tidak satu tembakan-pun dilepaskan dalam usaha pertolongan itu.

Betancourt, yang diculik tahun 2002 ketika berkampanye sebagai seorang calon presiden, kemudian bertemu dengan ibu dan suaminya di lapangan terbang militer di Bogota. Dia berterima kasih kepada Tuhan, militer Kolombia, dan Presiden Alvaro Uribe atas keberhasilan membebaskan sandera, yang disebutnya operasi yang sempurna.

Ke-3 sandera warga Amerika telah tiba di pangkalan Angkatan Udara Amerika di Texas Kamis pagi. Karyawan kontraktor pertahanan yang berbasis di Amerika itu ditangkap tahun 2003 ketika pesawat mereka jatuh dalam operasi kontra-narkoba.

XS
SM
MD
LG