Tautan-tautan Akses

Korut Hancurkan Menara Pendingin di Kompleks Nuklir Utama Yongbyon


Korea Utara telah menghancurkan menara pendingin di kompleks nuklir utamanya di Yongbyong, sebagai bagian dari kesepakatan untuk melucuti program senjata nuklirnya. Dari tayangan video terlihat menara pendingin setinggi 20 meter meledak dan ambruk di tengah kepulan debu dan asap, hari Jumat ini.

Pejabat tertinggi urusan Korea di Departemen Luar Negeri Amerika, Sung Kim, menyaksikan penghancuran tersebut dan menyebutnya sebagai suatu langkah signifikan untuk mengakhiri program senjata nuklir Korea Utara.

Kim mengatakan langkah tersebut memudahkan dilanjutkannya perundingan enam pihak.

Penghancuran menara pendingin berlangsung hanya satu hari setelah Pyongyang menyerahkan dokumen pengungkapan kegiatan nuklirnya yang telah lama tertunda. Amerika menanggapinya dengan mengeluarkan Pyongyang dari daftar hitam terorisme, dan melonggarkan sejumlah sanksi perdagangan.

Media pemerintah Korea Utara menyebut tanggapan Amerika itu sebagai suatu langkah positif.

Sebelumnya, Korea Utara Kamis menyerahkan dokumen pengungkapan kegiatan nuklirnya kepada para pejabat di Cina -- 6 bulan terlambat dari jadwal. Cina menjadi tun rumah pembicaraan 6 negara itu yang bertujuan untuk mengakhiri program senjata nuklir Korea Utara.

Presiden Amerika George Bush menyambut baik pengungkapan itu, tetapi mengingatkan bahwa Korea Utara tetap merupakan ancaman karena memiliki bahan nuklir yang bermutu senjata.

Presiden Bush menanggapi pengungkapan itu dengan melonggarkan beberapa sanksi perdagangan terhadap Korea Utara dan mengambil langkah untuk menghapus negara itu dari daftar hitam terorisme.

XS
SM
MD
LG