Tautan-tautan Akses

Moqtada Tuntut Pasukan Irak yang di PHK Dipekerjakan Lagi


Ulama radikal Syi’ah Irak, Moqtada al-Sadr menuntut pemerintah Irak mempekerjakan kembali semua anggota pasukan keamanan yang dipecat karena meninggalkan tugas mereka dalam pertempuran belum lama ini.

Ulama kuat itu mengatakan hari Senin pasukan itu mematuhi perintah pemimpin agama mereka dan kepatuhan mereka itu harus dihormati. Pemerintah Irak memecat 1300 anggota tentara dan polisi hari Minggu karena tidak mau bertempur melawan milisi Syi’ah di Basra dan kubu lain Syi’ah.

Pemerintah mengakui sebagian dari mereka menyerahkan senjata bersama perlengkapan mereka kepada milisi itu termasuk Lasykar Mahdi-nya al Sadr. Perdana Menteri Nouri al-Maliki memerintahkan penumpasan terhadap berbagai kelompok Syi’ah bersenjata di Basra bulan lalu yang kemudian memicu pertempuran hebat dengan orang-orang al Sadr.

Sementara itu, Pasukan Irak yang mencari penjahat di Basra hari Senin menyelamatkan wartawan Inggris Richrad Butler yang diculik dua bulan lalu. Jurubicara Kementerian Pertahanan Irak menerangkan pasukan menemukan Richard Butler secara kebetulan setelah ditembaki dari sebuah rumah di mana Butler disekap.

XS
SM
MD
LG