Tautan-tautan Akses

Pembantu Senior Muqtada al-Sadr Tewas Ditembak di Kota Suci Najaf


Para pejabat Iraq mengatakan orang-orang yang tidak diketahui identitas mereka menembak mati seorang pembantu senior ulama radikal Syiah Muqtada al-Sadr di kota suci Najaf, Irak selatan hari ini.

Kepolisian dan direktur kantor gerakan Sadr di Najaf mengukuhkan pembunuhan itu. Para pejabat itu mengatakan Riyadh al-Nouri sedang mengendarai mobil ke rumahnya sehabis sholat Jumat sewaktu dia ditembak.

Pihak berwenang di Najaf telah memberlakukan jam malam. Jurubicara Sadr di Najaf mengatakan Sadr menyerukan agar para pendukungnya tetap tenang. Pembantu itu juga mengutip Sadr menuduh yang disebut “tentara pendudukan” dan orang-orang yang bekerjasama dengan mereka sebagai pelaku pembunuhan itu.

Para pejabat Amerika belum menanggapi tuduhan itu, tetapi di Washintgon, Menteri Pertahanan Robert Gates mengatakan kepada wartawan dia meragukan Sadr akan menjadi sasaran penangkapan pasukan Amerika.

Gates mengatakan ulama Syiah itu adalah tokoh politik penting dan bahwa Amerika menghendaki dia ikut dalam proses politik Irak.


XS
SM
MD
LG