Tautan-tautan Akses

John McCain dari Arizona Mengalahkan Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney


Senator Amerika John McCain dari Arizona telah mengalahkan mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney dan memenangkan pemilihan presiden pendahuluan partai Republik di negara bagian Florida.

Setelah 90 persen suara dihitung, McCain unggul atas Romney 36 persen lawan 31 persen, dan memperoleh ke-57 delegasi dari Florida ke konvensi penentuan calon presiden dari partai Republik.

Dalam pidato kemenangannya Selasa malam, McCain mengatakan kemenangannya akan memberinya momentum menuju pemilihan pekan depan yang disebut “Super Tuesday,” dimana lebih dari 20 negara bagian akan mengadakan pemilihan pendahuluan dan rapat-rapat umum pemilihan partai.

Walaupun kalah di Florida, Romney mengatakan kepada para pendukungnya ia akan meneruskan usahanya untuk menjadi calon Presiden dan membawa gagasan baru ke Washington. Mantan Walikota New York Rudy Giuliani meraih kedudukan ketiga, setelah memusatkan sebagian besar kampanyenya di Florida. Laporan media mengatakan ia akan mengundurkan diri hari ini dari pemilihan dan memberi dukungannya kepada McCain.

Di pihak partai Demokrat, mantan ibu negara Hillary Clinton dengan mudah mengalahkan Senator Barack Obama. Tetapi, hasil tersebut diperkirakan tidak banyak artinya karena Partai Demokrat sudah menghapuskan delegasi dari Florida sebagai hukuman karena cabang partai disana memajukan jadwal pemilihan pendahuluan partai Demokrat negara bagian itu.

XS
SM
MD
LG