Tautan-tautan Akses

Ribuan Pengunjuk Rasa Desak Tindakan Tegas Atasi Isu Iklim


Para pengunjuk rasa hari Sabtu turun ke jalan-jalan di seluruh dunia untuk menarik perhatian bagi perubahan iklim dan menekan para pemimpin dunia agar melakukan tindakan tegas mengenai isu itu. Para demonstran mengadakan rapat umum di kota-kota besar termasuk London, Berlin, Helsinki, dan Taipeh.

Demonstrasi itu bersamaan waktunya dengan berlangsungnya konferensi mengenai Perubahan Iklim yang diselenggarakan PBB di Bali, Indonesia, yang berlangsung selama dua pekan sampai hari Jum’at.

Lebih dari seribu orang berpawai di ibukota Jerman, Berlin, sementara penduduk di bagian lain negeri itu memadamkan lampu mereka selama lima menit untuk menghemat energi.

Di London, beberapa ribu orang berunjuk rasa di depan Kedutaan Amerika Serikat. Sebagian pengunjuk rasa membawa gambar-gambar Presiden Amerika George Bush dengan kata-kata ”Wanted for the Crimes against the Planet” atau Dicari-cari karena melakukan kejahatan terhadap planet bumi.

Amerika Serikat menentang Persetujuan Kyoto mengenai Iklim yang mewajibkan negara-negara industri mengurangi emisi gas rumah kaca

Ratusan orang dari seluruh dunia juga mengadakan rapat umum di Bali, tempat Konferensi perubahan Iklim.

Para delegasi dalam konferensi tersebut berusaha mencapai pandangan yang sama dalam bidang nengurangi emisi gas rumahkaca.

XS
SM
MD
LG