Tautan-tautan Akses

IAEA: Laporan Intelijen AS Konfirmasi Pandangan Soal Nuklir Iran


Badan Energi Atom Internasional ataua IAEA mengatakan laporan baru intelijen Amerika yang mengemukakan Iran menghentikan program senjata nuklir rahasia empat tahun lalu mengkonfirmasi apa yang telah dikatakan badan PBB itu selama bertahun-tahun.

Seorang pejabat senior IAEA hari Selasa di Wina mengatakan laporan itu membenarkan pernyataan badan itu bahwa tim inspektur tidak menemukan program nuklir rahasia, dan bahwa tidak ada bahaya diambang pintu, yang memberi waktu bagi negosiasi.

Direktur IAEA Mohammed ElBaradei mengatakan laporan itu seharusnya ikut meredakan krisis sekarang ini. El baradei mendesak semua pihak ke sengketa nuklir itu untuk terjun ke negosiasi tanpa ditunda-tunda lagi.

Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki mengatakan Teheran menyambut baik laporan baru Amerika itu, dengan mengatakan hal itu mengkoreksi pandangan tidak realistik akan aktivitas Iran. Pejabat-pejabat Iran lainnya mengatakan laporan itu mendukung penegasan Iran bahwa program nuklirnya semata-semata untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG