Tautan-tautan Akses

Bush: Iran Harus Jelaskan Usaha Buat Nuklir di Masa Lampau


Iran harus menjelaskan lebih banyak tentang usahanya dimasa lampau untuk membuat senjata nuklir, kata presiden bush.

Ini dikatakan oleh Presiden Bush ketika berkunjung ke negara bagian Nebraska. Katanya Iran harus secara jujur menjelaskan tentang kegiatan pengayaan uraniumnya, atau akan terus dikucilkan oleh masyarakat internasional.

Komentar Presiden Bush itu dikeluarkan setelah laporan intellijen Amerika mengatakan Iran menghentikan program senjata nuklirnya empat tahun yang lalu.

Kata Presiden Bush, ia telah mengadakan konsultasi dengan para pemimpin Inggris, perancis, Jerman dan Rusia, dan mereka sepakat bahwa issue nuklir Iran itu tetap menjadi masalah saat ini.

Laporan dinas intellijen Amerika yang dikeluarkan minggu ini mengatakan Iran telah menghentikan kegiatan program senjata nuklirnya empat tahun yang lalu. Ini membantah tuduhan pemerintahan presiden bush bahwa Iran masih terus berusaha membuat senjata nuklir.

Kepala badan tenaga atom internasional Mohammed el Baradei mengatakan, laporan dinas intellijen Amerika itu konsisten dengan pernilaian badan tenaga atom, dan presiden Iran mahmud Ahmadi nejad mengatakan, laporan Amerika itu adalah suatu kemenangan bagi Iran. Ia juga menambahkan bahwa Iran tidak akan mundur setapakpun dari usahanya untuk memanfaatkan tenaga nuklir guna maksud-maksud damai.

Laporan intellijen Amerika itu mengatakan, Iran kemungkinan akan bisa menghasilkan cukup uranium guna membuat senjata nuklir antara tahun 2010 dan 2015.

XS
SM
MD
LG