Tautan-tautan Akses

Bush Tolak Resolusi Kongres Soal Pembantaian Masa Kesultanan Turki


Presiden Bush mengulangi tentangannya terhadap resolusi Kongres Amerika yang melukiskan kematian lebih dari satu juta orang Armenia di Kesultanan Turki di masa Perang Dunia Pertama sebagai genosida.

Jurubicara Dewan Keamanan Nasional Gondon Johndroe mengatakan Presiden Bush berbicara lewat telpon hari ini dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyib Erdogan mengenai resolusi di Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat itu.

Johndroe mengatakan resolusi itu akan merusak hubungan Amerika Serikat ā€“ Turki. Katanya Presiden Bush melukiskan kejadian tahun 1915 itu sebagai ā€œsalahsatu tragedy ternbesar abad ke-20,ā€ tetapi dia berpendapat penetapan apakah kejadian terasebut adalah genosida seyogianya untuk penelitian sejarah, bukan bagi ketetapan undang-undang Amerika.

Armenia menuduh Kesultanan Turki membunuh satu koma lima juta warga Armenia dari tahun 1915 sampai 1923, dalam gerakan untuk mengusir mereka dari Turki timur.

Turki menolak keras dakwaan genosida dengan menyebut kematian itu dibesar-besarkan dan mengatakan banyak orang yang tewas dalam keresahan sipil sewaktu Kesultanan Turki runtuh.

XS
SM
MD
LG