Tautan-tautan Akses

Gates: Washington Lunakkan Retorika Atas Pembangunan Militer Cina


Menteri Pertahanan A.S. Gates mengatakan bahwa Washington telah melunakkan retorikanya mengenai anggaran pembangunan militer Beijing dengan mengatakan ada alasan untuk optimistis mengenai hubungan Amerika-Cina.

Berbicara hari ini dalam konferensi keamanan tahunan, Dialog Sangri-la, di Singapura, Gates mengatakan bahwa Amerika masih prihatin mengenai anggaran militer Beijing. Namun, dia menekankan kedua pihak telah meningkatkan kontak antar militer, dan dia mengharapkan terwujudnya saling pengertian yang lebih baik.

Dua tahun lalu, pendahulunya, Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld, menggunakan forum yang sama untuk mempertanyakan niat Cina dalam membangun kekuatan militernya. Cina menyatakan bahwa anggaran pengeluarannya akan tumbuh hampir 18 persen tahun 2007.

Namun, laporan Pentagon baru-baru ini menyimpulkan bahwa anggaran pengeluaran itu dua atau tiga kali lebih besar daripada yang diakuinya di muka umum. Deputi Kepala Pertahanan Cina, mengatakan kepada Forum bahwa pembangunan kekuatan militer Cina hanya untuk pertahanan, dan anggaran itu dikemukakan dengan sebenarnya.

XS
SM
MD
LG