Tautan-tautan Akses

AS dan Iran Memulai Pertemuan Membahas Situasi Keamanan di Irak


Amerika Serikat dan Iran telah memulai pertemuan tingkat tinggi yang jarang di Bagdad membahas situasi keamanan di Iraq. Dutabesar Amerika untuk Iraq Ryan Crocker dan mitranya dari Iran Hassan Kazemi saling menyapa hari Senin di kediaman Perdana Menteri Iraq, Nouri al-Maliki.

Sebelum pembicaraan, Menteri Luar Negeri Iran Manoucher Mottaki mengatakan pertemuan itu bisa sukses jika Amerika menyadari apa yang dia sebut kebijakan yang “gagal” di Iraq. Dia juga menganjurkan Washington menempuh pendekatan yang realistik terhadap isu di Iraq sekarang ini.

Mengenai keamanan Iraq, Amerika diperkirakan akan meminta Teheran berhenti melatih, memasok dan membiayai kelompok-kelompok ekstremis yang ber-operasi di Iraq. Para komandan militer Amerika telah memperlihatkan perangkat militer buatan Iran untuk mendukung tuduhan itu.

Pemerintah di Teheran membantah mereka bertanggungjawab atas serangan pemberontak di Iraq, dan sebaliknya mendesak Washington supaya mundur dari Iraq.

Amerika memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran setelah para pemuda aktivis menyerbu kedutaan besar Amerika di Teheran bulan November 1979.

XS
SM
MD
LG