Tautan-tautan Akses

Wapres Cheney di Saudi Untuk Pembicaraan Dengan Raja Abdullah


Wakil Presiden Amerika Dick Cheney berada di Arab Saudi sebagai bagian dari lawatannya ke Timur Tengah untuk mencari dukungan untuk menstabilkan Irak. Wakil Presiden Cheney tiba di kota Tabuk, Arab Saudi bagian utara hari Sabtu, untuk mengadakan pembicaraan dengan Raja Arab Saudi, Abdullah.

Pertemuan mereka diselenggarakan dua bulan setelah Raja Abdullah menyebut kehadiran Amerika di Irak sebagai pendudukan asing yang ilegal.

Sebelumnya hari Sabtu , Dick Cheney berada di Abu Dhabi dan bertemu dengan Presiden Uni Emirat Arab Sheik Khalifa bin Zayed al Nahyan dan para pejabat lain negara Arab moderat di kawasan Teluk Persia itu.

Hari Jum’at, Wakil Presiden Cheney mengatakan, Amerika Serikat bersama negara-negara lain akan mencegah Iran memiliki senjata nuklir dan mendominasi Timur Tengah. Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dijadwalkan mengunjungi Abu Dhabi hari Minggu ini.

Wakil Presiden Dick Cheney mengeluarkan peringatan itu dalam pidato di atas kapal-induk Amerika, USS John C. Stennis, di Teluk Persia dekat Persatuan Emirat Arab. Iran sudah berulangkali membantah hendak mengembangkan senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG