Tautan-tautan Akses

Presiden Taiwan Desak Cina Lakukan Dialog


Presiden Taiwan Chen Sui Bian mendesak Cina agar membuka dialog langsung dengan pemerintahnya. Seruan itu dikeluarkan hari ini, setelah pekan lalu seorang tokoh oposisi Taiwan bertemu dengan Presiden Cina Hu Jintao di Beijing.

Para pengecam mengatakan, tokoh oposisi itu, ketua Partai Nasionalis Taiwan Lien Chen, berbaik-baik dengan Beijing untuk menjegal Presiden Chen Shui Bian dan agendanya yang pro kemerdekaan.

Berbicara di Taipeh hari ini, presiden Chen mengatakan, tidak soal partai atau perorangan manapun yang ditemui Beijing, nantinya Beijing akan harus berunding dengan pemerintah Taiwan hasil pilihan rakyat. Ini adalah pernyataan pertama Chen Sui Bian Sejak pertemuan bersejarah hari Jumat antara Presiden Cina Hu Jintao dan ketua Partai Nasionalis Taiwan Lien Chan.

Chen Sui Bian mengatakan kepada wartawan, ia akan mengirim pesan pribadi kepada kepemimpinan Cina, melalui seorang tokoh oposisi Taiwan lain, James Soong, dari Partai Rakyat Pertama, yang dijadualkan berkunjung ke Beijing pekan ini.

XS
SM
MD
LG