Tautan-tautan Akses

China Adili Aktivis HAM Terkemuka Wu Gan


Aktivis HAM Wu Gan membawa poster yang memperolok-olok Kepala Pengadilan Jiangxi, China (foto: dok).

Pengadilan di China hari Senin (14/8) telah mengadakan sidang tertutup bagi aktivis hak azasi manusia terkemuka Wu Gan, dan para pengamat hukum mengatakan vonis dalam kasus itu dapat dijatuhkan dalam waktu kira-kira seminggu.

Mereka mengatakan Wu, yang terkenal karena memperolok-olokkan usaha pejabat untuk menghalangi perjuangannya untuk keadilan, dan namanya online “Penjagal,” dapat diancam hukuman 10 tahun penjara.

Mantan tentara Wu, usia 44 tahun, menjadi terkenal karena usaha advokasinya yang tidak biasa yang menggabung pidato online, satiris lucu dan penampilannya di jalan-jalan.

Wu ditahan bulan Mei tahun 2015 setelah ia kabarnya mengutuk kepala pengadilan di Nanchang, Jiangxi. Dua bulan kemudian, Wu dengan resmi didakwa “menghasut subversi negara.”

Tetapi, penahanannya diyakini berhubungan dengan penindakan pemerintah tanggal 9 Juli terhadap para pengacara hak azasi yang mulai pada bulan itu. Wu bekerja sebagai penyelidik di kantor pengacara Fengrui Beijing, sasaran utama penindakan itu.

Peradilan Wu hari Senin tidak terbuka bagi umum karena menyangkut “rahasia negara.” Pengadilan di Tianjin mengatakan demikian dalam pernyataan pasca-peradilan di akun Weibo-nya. [gp]

XS
SM
MD
LG