Tautan-tautan Akses

China Hentikan Impor dari Korea Utara


ARSIP - Seorang pekerja berjalan di antara alat berat yang digunakan untuk memindahkan batubara yang diimpor dari Korea Utara di pelabuhan Dandong di sebuah kota perbatasan di China, Dandong, di provinsi Liaoning (foto: REUTERS/Stinger/Foto Arsip)

China mengumumkan hari Senin negara itu akan melarang impor batu-bara, biji besi, makanan laut dan produk lain dari Korea Utara sesuai dengan sanksi baru PBB yang disepakati sebelumnya bulan ini.

Para pemimpin China telah berjanji untuk menegakkan sepenuhnya sanksi itu, yang dengan suara bulat disetujui oleh China dan anggota lain Dewan Keamanan PBB sebagai tanggapan atas percobaan misil balistik Korea Utara.

Sanksi itu dapat memblokir sampai $1 milyar ekspor Korea Utara.

Kementerian perniagaan China mengatakan larangan perdagangan baru itu akan sepenuhnya berlaku sebelum tanggal 5 September.

Presiden Amerika Donald Trump dan para anggota lain pemerintahannya telah mendesak China agar menggunakan kedudukannya sebagai sekutu paling penting Korea Utara untuk menekan negara itu agar menghentikan program senjata nuklirnya.

China telah mengatakan pihaknya akan mematuhi resolusi PBB, dan hari Senin kementerian luar negeri China menyatakan lagi seruan akan pengekangan-diri dan perlunya mencapai penyelesaian politik atas keadaan itu. [gp]

XS
SM
MD
LG