Tautan-tautan Akses

China Kecewa Kapal Perang AS Lewat Dekat Pulau Reklamasi


Mischief Reef di Kepulauan Spratly, pulau reklamasi China di Laut China Selatan yang dipersengketakan (foto: dok).

China mengutarakan “ketidakpuasan yang kuat” terhadap Amerika Serikat atas operasi kebebasan navigasi terbaru Angkatan Laut Amerika di mana sebuah kapal perang berlalu dekat salah satu pulau yang direklamasi China di Laut China Selatan.

Dalam pernyataan Kamis malam, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang menyebut tindakan angkatan laut Amerika itu “provokasi” yang “merongrong dengan parah kedaulatan dan keamanan China, dan sangat membahayakan keselamatan personil garis-depan kedua pihak.”

China secara rutin memrotes operasi demikian, yang telah diteruskan pemerintahan Presiden Donald Trump sebagian untuk menenangkan para sekutu Amerika yang sedang bersengketa dengan Beijing.

Tindakan Amerika itu akan “memaksa China untuk mengambil langkah untuk meningkatkan kapasitasnya mempertahankan wilayah nasional,” kata Geng, dan menambahkan bahwa angkatan laut China “mengidentifikasi kapal perang Amerika itu, memperingatkan dan mengusirnya.”

Seorang pejabat Angkatan Laut Amerika mengatakan kepada Associated Press bahwa kapal perusak USS John S. McCain berlayar melewati Mischief Reef hari Kamis tetapi tidak memberi rinciannya. [gp]

XS
SM
MD
LG