Tautan-tautan Akses

Retorika Tajam Trump-Kim Jong Un Khawatirkan Investor


Pemimpin Korut Kim Jong Un (kiri) dan Presiden AS Donald Trump (foto: ilustrasi).

Saling lontar ancaman dan retorika keras antara Korea Utara dan Donald Trump telah mencemaskan banyak investor. Harga sejumlah saham anjlok di pasar Asia, Eropa dan Amerika; sementara permintaan akan investasi yang aman seperti investasi emas, naik.

Indeks saham-saham utama di Hong Kong, Jerman dan Perancis turun satu persen atau lebih. Sementara harga saham-saham di Amerika turun empat per sepuluh persen pada perdagangan siang hari. Sebelum terjadi saling ancam hari Selasa ini, harga saham di pasar Amerika mencatat serangkaian rekor tertinggi.

Permintaan akan emas, cara tradisional untuk melindungi aset pada masa-masa sulit, mendorong harga logam mulia itu sekitar satu persen pada perdagangan hari Rabu (8/8). Harga minyak juga membukukan kenaikan.

Korea Selatan adalah kediaman bagi lebih dari 50 juta orang dan perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung dan Hyundai. Data Bank Dunia menunjukkan Korea Selatan memiliki nilai ekonomi 1,4 triliun dolar atau hampir dua persen dari aktivitas ekonomi global. [em/ds]

XS
SM
MD
LG