Tautan-tautan Akses

AS

Trump Klaim Basis Politik Lebih Besar, Lebih Kuat dari Sebelumnya


Presiden AS Donald Trump tengah berlibur di resor golfnya di Bedminster, New Jersey (foto: dok).

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengklaim pada hari Senin (7/8) bahwa basis politiknya dalam Partai Republik "jauh lebih besar & lebih kuat dari sebelumnya," walaupun sejumlah jajak pendapat yang baru menunjukkan dukungan tersebut terkikis.

Trump mengirim serangkaian komentar lewat Twitter dari resor golfnya di Bedminster, New Jersey, yang mencemoohkan survei tersebut sebagai "jajak pendapat berita palsu."

Dia berpendapat bahwa reli politik yang dia lakukan di beberapa negara bagian yang dimenangkannya dalam pemilihan tahun lalu menunjukkan kekuatannya masih bertahan dan beberapa faktor "telah mendorong basis Trump lebih bersatu. Tidak akan pernah berubah!"

Survei nasional terakhir menunjukkan bahwa hanya sekitar sepertiga pemilih Amerika yang menyetujui kinerjanya selama 6 bulan pertama masa jabatannya sebagai presiden, dengan dukungan yang menurun di antara kelompok pemilih yang memberikan suara untuknya.

Namun, Trump mengutip rekor tertinggi di pasar saham utama AS, keamanan perbatasan yang semakin ketat, pertumbuhan lapangan kerja, deregulasi bisnis dan terpilihnya hakim Mahkamah Agung yang konservatif sebagai bukti bahwa dia berhasil. [as]

XS
SM
MD
LG