Tautan-tautan Akses

Toyota dan Mazda akan Buka Pabrik Mobil di AS


Presiden Toyota, Akio Toyoda (kiri) dan Presiden Mazda Masamichi Kogai dalam konferensi pers di Tokyo (foto: dok).

Produsen mobil terbesar Jepang, dan saingannya yang jauh lebih kecil, hari Jumat mengumumkan rencana membuka pabrik mobil bernilai 1,6 miliar dolar di Amerika.

Dalam jumpa pers bersama di Tokyo, presiden Toyota dan Mazda kepada wartawan mengatakan 4.000 lowongan kerja akan tersedia jika pabrik mobil itu dibuka tahun 2021. Pabrik itu akan memiliki kapasitas produksi 300 ribu kendaraan per tahun.

Kedua perusahaan mengatakan akan menggabung kekuatan pada teknologi kunci generasi baru, termasuk kendaraan listrik.

Presiden Amerika Donald Trump menyambut baik berita itu melalui cuitan di Twitter hari Jumat (6/8).

Dalam komentar kepada media, Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda mengatakan usaha itu mencerminkan era baru kerjasama dalam berbagai industri.

"Seperti kalian ketahui, pemain baru seperti Google, Apple, dan Amazon kini mulai di depan kami. Pemain yang benar-benar baru ini berhasrat meningkatkan mobilitas dan berada di depan kami. Masa depan bukan lagi sesuatu yang kami, produsen mobil, bisa bangun sendiri. Daripada menghadapi situasi itu dengan cara yang konfrontatif, menurut saya, menjadi penting bagi kami untuk mencari sekutu dari berbagai bidang dan bersaing sambil bekerja sama dengan mereka," kata Toyoda.

Dalam usaha patungan tersebut, Toyota akan memiliki 5 persen pangsa Mazda, sedangkan Mazda akan memiliki 0,25 persen saham di Toyota.

Dalam kampanye pemilihan presiden Amerika, Donald Trump menegur Toyota karena mengalihkan produksi mobil dan pekerjaan ke Meksiko. [ka/al]

XS
SM
MD
LG