Tautan-tautan Akses

Tingkat Pengangguran Jerman Naik 5,6 Persen Bulan Lalu


Ekonomi Jerman masih tetap yang terbesar di Eropa, dan Kanselir Angela Merkel mencalonkan diri untuk masa jabatan keempat (foto: ilustrasi).

Pemerintah Jerman mengatakan tingkat pengangguran di negara itu naik hingga 5,6 persen bulan lalu, kenaikan musiman yang biasa terjadi pada awal libur musim panas, tetapi tren yang mendasarinya tetap sehat.

Badan Tenaga Kerja Federal Jerman hari Selasa (1/8) mengatakan 2,5 juta orang tercatat sebagai penganggur pada bulan Juli – 45 ribu lebih banyak dari bulan sebelumnya tetapi 143 ribu lebih sedikit dari setahun sebelumnya. Tingkat pengangguran yang belum disesuaikan itu naik dari 5,5 persen.

Pertumbuhan ekonomi Jerman, terbesar di Eropa, sejauh ini mantap menjelang pemilu September di mana Kanselir Angela Merkel mencalonkan diri untuk masa jabatan keempat.

Sementara itu, karyawan yang mogok di Bank of England memakai topeng lucu berupa wajah Gubernur Bank of England Mark Carney hari Selasa ketika berdiri di luar institusi tersebut, menuntut gaji yang lebih baik.

Pemogokan tiga hari itu – yang pertama bagi bank sentral dalam lebih dari 50 tahun - terjadi setelah pekerja tidak mencapai kesepakatan yang memungkinkan gaji mereka naik setingkat inflasi, yang kini mencapai 2,6 persen per tahun.

Sekitar 40 pekerja, termasuk tenaga pemeliharaan dan keamanan, membawa poster bertuliskan “Staf Bank of England menuntut gaji yang adil.''

Peter Kavanagh, pejabat serikat pekerja, Unite, mengatakan para pekerja “tidak diberi pilihan selain melakukan pemogokan karena mereka lagi-lagi harus menanggung pemotongan gaji.”

Menurut Kavanagh, Carney seharusnya menemui demonstran untuk menjelaskan mengapa para pekerja keras itu layak mendapat pemotongan gaji bertahun-tahun. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG