Tautan-tautan Akses

Parlemen Pakistan telah memilih Shahid Khaqan Abbasi sebagai perdana menteri baru menggantikan Nawaz Sharif yang mengundurkan diri pekan lalu menyusul sebuah penyelidikan korupsi.

Mantan menteri perminyakan, Abbasi, adalah sekutu lama Sharif. Secara luas ia diperkirakan dengan mudah akan memenangkan pemilihan di Majelis Nasional yang beranggotakan 342 orang, yang didominasi oleh partai Nawaz, Liga Muslim Pakistan pimpinan Sharif.

Abbasi diharapkan menjabat sebagai perdana menteri sementara sampai adik laki-laki Sharif, Shabazz, menteri utama di provinsi Punjab, memenangkan kursi parlemen dalam pemilihan lanjutan. Pemimpin oposisi telah mengritik manuver politik itu sebagai cenderung memenangkan hubungan keluarga dan tidak demokratis.

Nawaz Sharif mengundurkan diri setelah pengadilan tinggi Pakistan memperoleh temuan bahwa dia tidak mengungkapkan gaji bulanan dari sebuah perusahaan berkantor di Dubai yang dimiliki anaknya. Putusan tersebut merupakan bagian dari penyelidikan dugaan korupsi oleh keluarganya. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG