Tautan-tautan Akses

Parlemen Pakistan Pilih Perdana Menteri Baru


PM interim Pakistan, Shahid Khaqan Abbasi, kanan, bersama pembantunya meninggalkan gedung Parlemen setelah bertemu dengan para politisi di Islamabad, Pakistan, 31 Juli 2017.

Parlemen Pakistan akan memilih perdana menteri baru hari ini untuk menggantikan Nawaz Sharif yang meletakkan jabatan pekan lalu setelah penyelidikan korupsi.

Mantan menteri perminyakan Shahid Khaqan Abbasi, sekutu Sharif sejak lama, diperkirakan akan dengan mudah memenangkan pemilihan dalam Majelis Nasional yang beranggotakan 342 orang itu, yang didominasi oleh partai Liga Muslim Pakistan pimpinan Sharif.

Abbasi diperkirakan akan menjabat sebagai perdana menteri interim sampai adik Sharif, Shabazz, gubernur provinsi Punjab, memenangkan kursi parlemen dalam pemilihan khusus untuk mengisi kursi kakaknya yang lowong. Para tokoh oposisi telah mengecam langkah politik itu sebagai dinastis dan tidak demokratis.

Sharif meletakkan jabatan setelah mahkamah agung Pakistan mendapatinya gagal mengungkapkan gaji bulanannya dari sebuah perusahaan yang berbasis Dubai milik putranya. Keputusan mahkamah itu adalah bagian dari penyelidikan korupsi yang dituduhkan terhadap keluarga Sharif. [gp]

XS
SM
MD
LG