Tautan-tautan Akses

Yunani Siap Nyatakan 'Gagal Bayar' Utang IMF


Warga Yunani antri di sebuah ATM di luar sebuah bank yang tutup di Athena, Selasa (30/6).

Warga Yunani antri di sebuah ATM di luar sebuah bank yang tutup di Athena, Selasa (30/6).

Pemerintah Yunani tampaknya siap menyatakan secara resmi tidak mampu membayar utang 1,8 miliar dolar kepada Dana Moneter Internasional (IMF).

Bank-bank Yunani tetap tutup hari Selasa (30/6), sementara negara itu tampaknya siap menyatakan secara resmi tidak mampu membayar (default) atas utang 1,8 miliar dolar kepada Dana Moneter Internasional (IMF).

Sementara masa depan ekonomi negara itu masih tidak menentu pada hari Selasa pagi, kementerian keuangan Yunani menyatakan akan membuka sekitar seribu cabang bank di berbagai penjuru negara itu agar para pensiunan, yang kebanyakan tidak memiliki kartu ATM, dapat menarik cukup banyak uang untuk pegangan mereka pekan ini.

Yunani siap memutuskan pada 5 Juli mendatang, dalam suatu referendum mengenai babak baru langkah-langkah penghematan Eropa, yang ditentang Perdana Menteri Alexis Tsipras.

Tsipras hari Senin menyatakan akan menghormati hasil referendum hari Minggu mendatang, tetapi ia memperingatkan bahwa pemerintahan sayap kiri yang dipimpinnya tidak akan melaksanakan reformasi baru itu. Para kreditor Eropa menuntut reformasi itu sebagai imbalan bagi kucuran dana talangan baru yang berjumlah miliaran dolar.

XS
SM
MD
LG