Tautan-tautan Akses

Yunani Tutup Bank Kecuali untuk Pembayaran Pensiun


Para pensiunan Yunani antri di kantor cabang Bank Nasional Yunani di Athena, Senin (29/6).

Para pensiunan Yunani antri di kantor cabang Bank Nasional Yunani di Athena, Senin (29/6).

Bank-bank serta ATM di Yunani hari Senin (29/6) tutup, kecuali untuk keperluan pembayaran uang pensiun.

Para pensiunan Yunani pagi hari sudah antri di bank-bank berharap dapat mengambil uang mereka dari ATM, namun gagal. Kementerian Keuangan Yunani mengatakan akan menjelaskan hari Senin (29/6) bagaimana uang pensiun akan dibayarkan.

Negara yang kesulitan dana itu, karena tidak mendapat suntikan dana lagi dari zona euro, memerintahkan semua bank dan pasar sahamnya tutup enam hari mulai hari Senin. Ini akibat krisis keuangan yang menimpa negara itu bertambah parah dan tenggat waktu hari Selasa untuk mengatasinya semakin dekat.

Perdana Menteri Alexis Tsipras akhir pekan tampil di televisi mengumumkan tindakan menutup bank dan pasar saham itu hanya beberapa jam setelah Bank Sentral Eropa mengatakan tidak bakal meneruskan program pinjaman darurat yang dalam beberapa pekan terakhir membuat bank-bank Yunani tetap buka.

Tsipras mengumumkan keputusan itu setelah perundingan antara Yunani dan negara Eropa kreditornya pada akhir pekan berakhir tanpa kesepakatan tentang kesediaan kreditor mengulur dana talangan dengan imbalan Yunani melakukan reformasi.

Menurut pengamat, tanpa kesepakatan, ada kemungkinan Yunani tidak dapat membayar hutangnya sebesar 1,8 miliar dolar kepada Dana Moneter Internasional yang jatuh tempo hari Selasa (30/6).

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG