Tautan-tautan Akses

Ukraina Evakuasi Tentaranya di Krimea


Presiden sementara Ukraina, Oleksandr Turchynov, memerintahkan penarikan pasukan Ukraina dari Krimea (foto: dok).

Presiden sementara Ukraina, Oleksandr Turchynov, memerintahkan penarikan pasukan Ukraina dari Krimea (foto: dok).

Pemerintah sementara Ukraina memerintahkan tentaranya untuk keluar dari Krimea setelah pasukan Rusia mengambil alih tiga fasilitas militer di sana dalam tiga hari ini.

Pemerintah Ukraina hari Senin (24/3) mengatakan penarikan mundur itu adalah menanggapi pencaplokan Krimea oleh Rusia.

Presiden sementara Ukraina, Oleksandr Turchynov, mengatakan departemen pertahanan negara itu diperintahkan untuk menarik pasukan Ukraina dari semenanjung Laut Hitam itu. Ia mengatakan hal tersebut menanggapi ancaman dari pasukan Rusia terhadap jiwa para tentara Ukraina dan keluarga mereka.

Senin pagi pasukan Rusia menduduki sebuah pangkalan angkatan laut dekat pelabuhan Feodosia di Krimea, menggunakan granat kejut dan senjata otomatis. Departemen pertahanan Ukraina mengatakan dua tentara cedera dan antara 60-80 lainnya ditahan.

Pemerintahan sementara Ukraina itu, yang pro Barat, dikecam karena tidak tegas mengenai pasukan mereka di Krimea yang telah dikepung pasukan Rusia selama berminggu-minggu.

Di Den Haag, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dijadwalkan kembali bertemu Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov untuk membahas Ukraina di sela-sela sebuah KTT energi nuklir internasional.
XS
SM
MD
LG