Tautan-tautan Akses

Barat Kucilkan Rusia terkait Sengketa Ukraina


Presiden AS Barack Obama dan para pemimpin G-7 dalam pertemuan di Den Haag, Belanda Senin (24/3).

Presiden AS Barack Obama dan para pemimpin G-7 dalam pertemuan di Den Haag, Belanda Senin (24/3).

Para pemimpin AS dan Uni Eropa Senin (24/3) menangguhkan kerjasama dengan Rusia dalam kelompok negara industri G8 hingga Rusia “mengubah pendekatannya.”

Dengan tujuan mengucilkan Rusia terkait aksinya di Ukraina, Presiden Amerika Barack Obama dan sejumlah pemimpin negara berpengaruh lainnya mulai mengasingkan Rusia dari sebuah koalisi internasional untuk waktu tidak tertentu.

Termasuk di antara upaya itu adalah membatalkan sebuah KTT ekonomi yang rencananya akan dijamu Presiden Rusia Vladimir Putin bulan Juni.

Obama hari Senin bertemu para pemimpin Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Kanada dan Jepang untuk pertemuan darurat kelompok G7 yang terpusat pada pencaplokan Krimea oleh Rusia.

Dalam pernyataan bersama seusai pertemuan itu, para pemimpin itu mengatakan mereka menangguhkan kerjasama dengan Rusia dalam kelompok negara industri G8 hingga Rusia “mengubah pendekatannya.”

Para pemimpin G7 itu mengatakan akan mengadakan pertemuan bulan Juni di Brussels daripada menghadiri rencana KTT G8 di Sochi, Rusia.

Juga Senin, Presiden Obama mengatakan Eropa dan Amerika bersatu untuk mendukung pemerintah dan rakyat Ukraina.
XS
SM
MD
LG