Tautan-tautan Akses

Rusia Ambil Alih Pangkalan Marinir Ukraina di Pelabuhan Feodosia


Tentara Rusia memasuki markas besar batalion marinir Ukraina untuk mendiskusikan penyerahan diri mereka di kota Feodosia, Krimea (23/3).

Tentara Rusia memasuki markas besar batalion marinir Ukraina untuk mendiskusikan penyerahan diri mereka di kota Feodosia, Krimea (23/3).

Tentara Ukraina di pangkalan mengatakan tentara Rusia menyerbu kompleks di kota pelabuhan Feodosia dengan menggunakan granat kejut dan senjata otomatis.

Rusia mengambil alih sebuah pangkalan Ukraina di pelabuhan Feodosia, Krimea, hanya beberapa jam sebelum Presiden Amerika Barack Obama dan pemimpin lain dari negara-negara industri G7 bertemu di Den Haag, hari Senin (24/3). Pertemuan darurat itu berlangsung di sela-sela pertemuan puncak keamanan nuklir, untuk mempertajam respon mereka terhadap aneksasi Rusia atas semenanjung Krimea.

Para pengamat mengatakan pertemuan itu tampaknya bertujuan untuk mengkoordinasikan sanksi-sanksi Barat yang dikenakan terhadap Moskow sejak pasukan Rusia menyeberang ke Krimea awal bulan ini. Kelompok ini juga diperkirakan dapat mengevaluasi lebih lanjut kemungkinan tindakan balasan dari Moskow. Obama dan Menteri Luar Negeri John Kerry dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Di Brussels hari Minggu (23/3), panglima tertinggi NATO memperingatkan bahwa Rusia telah mengerahkkan kekuatan militer “cukup besar” di perbatasan dengan Ukraina, dan mengatakan Moskow mungkin akan berusaha untuk memperluas jangkuan teritorialnya ke daerah baru.

Jenderal Angkatan Udara Amerika Philip Breedlove mengatakan Moskow mungkin sedang mengincar wilayah separatis kecil berbahasa Rusia di perbatasan barat daya Ukraina yang dikenal sebagai Transdniester.
XS
SM
MD
LG