Tautan-tautan Akses

Obama: Rusia akan Tanggung Akibat Krisis Ukraina


Presiden AS Barack Obama mengatakan AS dan Eropa bersatu terkait krisis di Ukraina (24/3).

Presiden AS Barack Obama mengatakan AS dan Eropa bersatu terkait krisis di Ukraina (24/3).

Presiden AS Barack Obama mengatakan Amerika dan Eropa bersatu untuk menjatuhkan hukuman atas Rusia terkait aksinya di Ukraina.

Presiden Amerika Barack Obama hari Senin (24/3) berbicara kepada para wartawan di Belanda menjelang pertemuan darurat kelompok G7 – Amerika, Inggris, Kanada, Perancis, Jerman, Italia dan Jepang – yang terpusat pada aneksasi Krimea oleh Rusia.

Para analis mengatakan rapat itu tampaknya hendak mengkoordinasi sanksi-sanksi dunia Barat terhadap Rusia setelah pasukan negara itu memasuki Krimea awal bulan ini. G7 juga diperkirakan mengkaji dampak setiap aksi balasan oleh Rusia.

Presiden Obama hari Senin mengatakan Eropa dan Amerika bersatu untuk mendukung pemerintah dan rakyat Ukraina. Hal itu dinyatakannya setelah bertemu Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Amsterdam.

Wakil penasihat keamanan nasional Presiden Obama, Ben Rhodes, mengatakan kepada para wartawan bahwa negara-negara G7 akan memakai pertemuan itu sebagai pertanda awal sanksi-sanksi ekonomi yang akan dijatuhkan terhadap Rusia “jika negara itu meneruskan aksi semacam itu.”

G7 juga akan membahas dukungan bagi Ukraina dan bagaimana bersikap terhadap Rusia dalam bulan dan tahun-tahun mendatang. Rhodes mengatakan keterlibatan dengan Rusia dapat dilakukan jika negara itu mau mengambil langkah untuk meredakan situasi.
XS
SM
MD
LG