Tautan-tautan Akses

Tiongkok Serukan Ketenangan Tanggapi Rencana Peluncuran Roket Korut


Juru Bicara Deplu Tiongkok Qin Gang meminta semua pihak agar menghindari tindakan yang mengundang ketegangan (foto: dok).

Juru Bicara Deplu Tiongkok Qin Gang meminta semua pihak agar menghindari tindakan yang mengundang ketegangan (foto: dok).

Beijing mengingatkan bahwa semua pihak harus mengusahakan stabilitas dan menghindari tindakan yang mengundang ketegangan terkait rencana Korea Utara.

Tiongkok menyatakan keprihatinan tetapi meminta respon tenang pada hari Minggu setelah Korea Utara mengatakan akan melakukan peluncuran roket jarak jauh tahun 2012 ini, tindakan yang mungkin akan meningkatkan ketegangan diplomatik di kawasan itu.

Kantor berita Reuters mengutip jurubicara Kementerian Luar Negeri Qin Gang yang juga mengatakan mereka mencatat reaksi pihak-pihak lain dan mengingatkan bahwa semua pihak harus mengusahakan stabilitas dan menghindari tindakan yang mengundang ketegangan.

Amerika telah menanggapi pengumuman rencana Korea Utara untuk meluncurkan roket jarak jauhnya dengan mengatakan tindakan itu “sangat provokatif” dan akan mengancam perdamaian dan keamanan di kawasan itu.

Peluncuran roket Korea Utara itu rencananya akan dilakukan antara tanggal 10 sampai 22 Desember sementara Korea Selatan berencana menggelar pemilihan presiden pada 19 Desember dan Presiden Barack Obama bersiap untuk memulai masa jabatan keduanya.
XS
SM
MD
LG