Tautan-tautan Akses

Gambar-gambar Satelit Tunjukkan Korut Tengah Persiapkan Uji Coba Misil


Gambar satelit DigitalGlobe yang dirilis oleh Institut AS-Korea di John Hopkins menunjukkan peningkatan aktivitas di pusat fasilitas nuklir di Sohae, Korea Utara (Foto: dok).

Gambar satelit DigitalGlobe yang dirilis oleh Institut AS-Korea di John Hopkins menunjukkan peningkatan aktivitas di pusat fasilitas nuklir di Sohae, Korea Utara (Foto: dok).

Gambar-gambar yang dirilis oleh DigitalGlobe, Senin (26/11) menunjukkan peningkatan jumlah personil, truk dan peralatan lainnya di Stasiun Peluncuran Satelit Sohae, Korea Utara.

Sebuah perusahaan gambar satelit melaporkan peningkatan aktivitas di lokasi peluncuran Korea Utara, yang mengindikasikan uji-coba misil jarak jauh mungkin akan dilakukan hanya dalam beberapa minggu lagi.

Gambar-gambar yang dirilis hari Senin oleh DigitalGlobe menunjukkan peningkatan jumlah personil, truk dan peralatan lainnya di Stasiun Peluncuran Satelit Sohae, Korea Utara. DigitalGlobe mengatakan jika Korea Utara menghendaki, negara itu dapat melakukan uji coba misil balistik jarak jauh dalam waktu tiga minggu mendatang.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Korea Selatan Cho Tai-Young mengatakan hari Selasa bahwa Seoul sedang mengamati situasi ini.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland mengatakan hari Senin bahwa Washington mengetahui tentang laporan-laporan ini dan menghendaki agar Korea Utara menghentikan uji coba misil lebih jauh.

DigitalGlobe mengatakan aktivitas baru di lokasi peluncuran itu serupa dengan persiapan yang dilakukan sebelum peluncuran roket yang gagal oleh Korea Utara bulan April. Pyongyang mengatakan peluncuran bulan April itu dimaksudkan untuk menempatkan sebuah satelit ke orbit. Tetapi Amerika dan sekutu-sekutunya mengatakan itu adalah uji coba misil balistik yang terselubung yang dilarang dibawah sanksi PBB.
XS
SM
MD
LG