Tautan-tautan Akses

Amerika Kecam Rencana Peluncuran Roket Korut


Roket Korea Utara 'Unha-3' disiagakan di fasilitas peluncuran satelit Sohae di kota Tongchang-ri, Korea Utara (foto: dok).

Roket Korea Utara 'Unha-3' disiagakan di fasilitas peluncuran satelit Sohae di kota Tongchang-ri, Korea Utara (foto: dok).

Deplu AS mengatakan rencana peluncuran roket itu merupakan pelanggaran langsung resolusi Dewan Keamanan PBB yang diberlakukan awal tahun ini.

Amerika telah menanggapi pengumuman rencana Korea Utara untuk meluncurkan roket jarak jauhnya dengan mengatakan tindakan itu “sangat provokatif” dan akan mengancam perdamaian dan keamanan di kawasan itu.

Amerika mengatakan setiap peluncuran semacam itu yang menggunakan teknologi misil merupakan pelanggaran langsung resolusi Dewan Keamanan PBB yang diberlakukan awal tahun ini.

Departemen Luar Negeri Amerika mengeluarkan tanggapannya hari Sabtu setelah kantor berita resmi Korea Utara melaporkan rencana negara komunis itu akan meluncurkan roket jarak jauh akhir bulan ini. Departemen Luar Negeri juga mengatakan mencurahkan sumber daya terbatas untuk pengembangan senjata nuklir dan misil jarak jauh akan lebih mengisolasi dan mempermiskin Korea Utara.

Kantor berita Jepang Kyodo melaporkan bahwa Jepang menangguhkan perundingan diplomatiknya dengan Korea Utara karena pengumuman rencana peluncuran itu.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan hari Sabtu oleh kantor berita Korean Central, Komisi Tehnologi Antariksa Korea mengatakan merencanakan pengiriman satelit ke orbit antara tanggal 10 sampai 22 Desember.
XS
SM
MD
LG