Tautan-tautan Akses

100 Tentara AS Dikerahkan ke Provinsi Helmand di Afghanistan


Pasukan Afghanistan tiba di distrik Nad Ali di provinsi Helmand, Afghanistan, 10 Agustus lalu (foto: dok).

Pasukan Afghanistan tiba di distrik Nad Ali di provinsi Helmand, Afghanistan, 10 Agustus lalu (foto: dok).

Pengerahan sekitar 100 tentara AS itu untuk mempertahankan ibukota provinsi Helmand dari risiko jatuh ke tangan pemberontak Taliban.

Seorang juru bicara pasukan Amerika, hari Senin (22/8) mengatakan Taliban telah membuat “kemenangan taktis” di Afghanistan dan kampanye militernya di provinsi selatan yang bermasalah telah menyebabkan pengerahan sekitar 100 tentara Amerika untuk mempertahankan ibukota provinsi dari risiko jatuh ke tangan pemberontak Islamis.

“Taliban telah memperoleh beberapa kemenangan taktis dan tampaknya juga akan berlanjut tapi mereka masih belum bisa mencapai keinginan dan tujuan strategisnya untuk merebut pusat populasi penting di sini di Afghanistan”. Kata Brigjen Charles Cleveland kepada wartawan di Kabul.


Pertempuran sengit terjadi di beberapa distrik provinsi Helmand di selatandan kemenangan-kemenangan di wilayah itu membuat Taliban makin mendekati ibukotanya, Lashkar Gah.

Cleveland mengatakan pengerahan pasukan Amerika baru-baru ini ke kota itu adalah untuk melatih, memberi saran dan membantu mitranya di Afghanistan sehingga mereka mampu merencanakan lebih baik serangan balasan dan merebut kembali daerah-daerah. Tapi Cleveland mengesampingkan kemungkinan kota itu jatuh ke tangan Taliban.

“Taliban punya kemampuan untuk melakukan aksi-aksi kekerasan kadang-kadang di kota atau di pinggiran kota dan tentu kita sudah saksikan di beberapa distrik. Tapi kami tidak percaya Lashkar Gah akan direbut” tambah juru bicara itu.

Jenderal Cleveland mengakui para pejuang Taliban menggunakan taktik-taktik baru dalam pertempuran baru-baru ini memungkinkan mereka mengakibatkan kerugian pada Pasukan Keamanan dan Pertahanan Nasional Afghanistan/ANDSF di Helmand. [my/al]

XS
SM
MD
LG