Tautan-tautan Akses

Taliban Lepaskan Awak Helikopter Pakistan 


Helikopter Ml-17 buatan Rusia (foto: ilustrasi).

Helikopter Ml-17 buatan Rusia (foto: ilustrasi).

Enam awak helikopter pemerintah Punjab yang hilang di Afghanistan tanggal 4 Augustus tahun 2016 itu telah tiba di Islamabad Sabtu (13/8).

Pejabat Pakistan mengatakan para awak helikopter Pakistan yang mendarat darurat di Afghanistan bulan ini telah dibebaskan oleh orang-orang yang menangkap mereka dan para awak tersebut telah pulang dengan selamat.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri Pakistan hari Sabtu mengatakan bahwa ke-6 awak helikopter pemerintah Punjab yang hilang di Afghanistan tanggal 4 Augustus tahun 2016 itu telah tiba di Islamabad hari Sabtu (13/8).

Pernyataan itu mengatakan ke-6 awak tersebut, 5 warga Pakistan dan seorang navigator Rusia “selamat dan dalam keadaan sehat.”

Pihak berwenang mengatakan sebelumnya bulan ini awak tersebut dalam tahanan Taliban.

Helikopter Ml-17 buatan Rusia itu lepas landas dari kota Peshawar, Pakistan barat-laut, menuju Republik Uzbekistan, Asia tengah, tetapi mengalami masalah teknis dalam perjalanan, yang memaksa pilotnya melakukan pendaratan darurat di Afghanistan.

Penduduk desa mengatakan helicopter itu kebakaran segera setelah mendarat dan semua orang dalam pesawat selamat dalam kecelakaan itu, lalu mereka ditangkap dan dibawa oleh para pria bersenjata yang tidak dikenal.

Kecelakaan tersebut terjadi di daerah terpencil provinsi Logar, Afghanistan. [gp]

XS
SM
MD
LG