Tautan-tautan Akses

Afghanistan dan India Pererat Kerjasama Perangi Terorisme


Presiden Afghanistan Ashraf Ghani (kanan) dan PM India Narendra Modi dalam pertemuan bulan Juni lalu (foto: dok). Kedua pemimpin sepakat untuk bekerjasama memerang terorisme.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani (kanan) dan PM India Narendra Modi dalam pertemuan bulan Juni lalu (foto: dok). Kedua pemimpin sepakat untuk bekerjasama memerang terorisme.

Para pemimpin Afghanistan dan India telah berjanji untuk melanjutkan upaya bersama dalam “memerangi teror dan ekstremisme” yang dihadapi kedua negara.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Perdana Menteri India Narendra Modi menegaskan tekad tersebut hari Senin (22/8) dalam konferensi video peresmian Istana Storay yang baru dipugar yang menjadi kantor Presiden Afghanistan di Kabul.

Kurangnya pemeliharaan dan perang selama beberapa dekade merusak bangunan yang berusia hampir 100 tahun itu dan menjadi lambang diplomasi LN Afghanistan. Pemerintah India mendanai proyek pemugaran itu hampir 6 juta dolar.

“Saya ingin meyakinkan rakyat Afghanistan dalam upaya anda membangun Afghanistan yang makmur dan mewujudkan perdamaian, keamanan serta stabilitas pada masyarakat anda, 1,25 miliar rakyat India akan selalu bersama anda” kata Narendra Modi kepada pemirsa video itu.

India mendanai beberapa proyek infrastruktur terkait, di Afghanistan yang dikoyak perang. India telah mengucurkan dana sekitar 2 miliar dolar untuk rekonstruksi, menjadikan India salah satu donor terbesar Afghanistan.

Bulan Juni lalu, Afghanistan dan India meresmikan bendungan air Salma Friendship bernilai 300 juta dolar di provinsi Herat Afghanistan barat. India juga mendanai pembangunan gedung parlemen baru Afghanistan dengan biaya 90 juta dolar yang diresmikan bersama oleh Ghani dan Modi bulan Desember lalu. [my/al]

XS
SM
MD
LG