Tautan-tautan Akses

Social Network Raih Film Drama Terbaik Golden Globes

  • Arif Budiman

Producer film 'The Social Network,' dari kiri ke kanan, Kevin Spacey, Cean Chaffin, Dana Brunetti dan Scott Rudin.

Producer film 'The Social Network,' dari kiri ke kanan, Kevin Spacey, Cean Chaffin, Dana Brunetti dan Scott Rudin.

'The Social Network' meraih empat penghargaan bergengsi, termasuk Film Drama Terbaik dalam ajang penghargaan Golden Globes 2011.

"The Social Network," film yang mengisahkan sepak terjang dan jatuh bangun pendiri situs jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg, meraih empat penghargaan bergengsi, termasuk Film Drama Terbaik, dalam ajang Golden Globes yang berlangsung di Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

Kemenangan The Social Network yang diumumkan aktor Michael Douglas sudah banyak diperkirakan, menyusul banyaknya pujian atas film itu jauh sebelum nominasi Golden Globes diumumkan. Film ini berhasil mengalahkan empat film unggulan lainnya, yakni "The King's Speech," "The Fighter," "Black Swan" dan "Inception."

Golden Globe Awards adalah ajang bergengsi bagi insan televisi dan perfilman dunia. Penghargaan Golden Globes sering menjadi indikasi siapa yang akan memenangkan Academy Awards atau Oscar.

Golden Globe Awards adalah ajang bergengsi bagi insan televisi dan perfilman dunia. Penghargaan Golden Globes sering menjadi indikasi siapa yang akan memenangkan Academy Awards atau Oscar.

Film yang dibintangi Jesse Eisenberg (pemeran Mark Zuckerberg), Andrew Garfield dan Justin Timberlake, juga menempatkan David Fincher sebagai Sutradara Drama Terbaik.

Secara keseluruhan film ini membawa pulang empat penghargaan. Dua lainnya diberikan kepada Airon Sorkin sebagai Penulis Cerita Terbaik serta Trent Reznor dan Atticus Ross untuk Musik Orisinal Terbaik.

Natalie Portman dan Colin Firth juga menjadi bintang yang ikut bersinar. Penampilan Portman sebagai pebalet ambisius dalam Black Swan menempatkannya sebagai aktris drama terbaik. Predikat aktor drama terbaik jatuh kepada Firth yang memerankan tokoh Raja Inggris George VI yang gagap saat berpidato, dalam film The King's Speech.

Untuk kategori film musikal dan dan komedi, aktris terbaik diraih Annete Benning atas perannya sebagai ibu lesbian dalam film "The Kids Are All Right," yang juga meraih penghargaan sebagai film terbaik itu kategori yang sama. Paul Giamatti ikut bergabung setelah dinobatkan sebagai pemenang untuk kategori aktor terbaik musikal dan komedi untuk film "Barney's Version."

Christian Bale terpilih sebagai aktor pendukung terbaik lewat film The Fighter. Melissa Leo, yang bermain sebagi ibu Bale dalam film itu, juga menerima penghargaan sebagai aktris pendukung terbaik. Dalam pidato penerimaan, ia menyatakan rasa bersyukurnya kepada ibunya. "Terima kasih banyak. California Selatan ini adalah tempat asal ibu saya, ibunya ibu saya, dan ibu sebelumnya. Lihat Mom, saya dapat Golden Globe," ujar Leo dalam sambutannya.

Tahun ini, ajang berusia 68 tahun ini juga memberikan penghormatan kepada aktor kawakan Robert De Niro. De Niro mendapat penghargaan khusus Cecil B. DeMille atas prestasinya di dunia film.

XS
SM
MD
LG