Tautan-tautan Akses

The Fighter, Pertarungan Keluarga yang Bisa Hancurkan Mimpi

  • Alan Silverman

Mark Wahlberg berperan sebagai Micky Ward, Christian Bale sebagai Dicky Eklund, dan Mickey O’Keefe sebagai dirinya sendiri dalam film "The Fighter".

Mark Wahlberg berperan sebagai Micky Ward, Christian Bale sebagai Dicky Eklund, dan Mickey O’Keefe sebagai dirinya sendiri dalam film "The Fighter".

Akting Mark Wahlberg dan Christian Bale dalam film tentang dunia tinju ini dinilai layak diunggulkan untuk mendapatkan Oscar.

Mark Wahlberg dan Christian Bale kemungkinan bisa diunggulkan untuk mendapatkan Oscar atas penampilan mereka dalam sebuah film drama baru yang disutradarai oleh David O. Russell. Film ini berdasarkan kisah nyata seorang juara tinju yang berasal dari perkampungan miskin di Boston.

Dickie Ecklund dan adiknya, Micky Ward dianggap sebagai "pahlawan" di Lowell, Massachusetts pada tahun 1980-an. Dickie, pernah memiliki karir yang cemerlang di dunia tinju, tetapi itu hanya sebentar saja. Karirnya kandas setelah ia kecanduan narkoba. Kemudian harapan diberikan kepada Micky. Dengan Dicky sebagai pelatih dan ibu mereka, Alice sebagai manajer, Micky memasuki dunia tinju. Tetapi ia seringkali kalah dalam setiap pertarungan.

Micky Ward (Mark Walhberg) dan Charlene Fleming (Amy Adams ).

Micky Ward (Mark Walhberg) dan Charlene Fleming (Amy Adams ).

Karena kecewa dengan kekalahannya di ring tinju dan dorongan dari pacarnya, Charlene, Micky memutuskan ia harus menjaga nama baik keluarganya dan meninggalkan ring tinju. Tetapi kemudian ia mendapat kesempatan baru, dengan syarat keluarganya tidak boleh ikut campur dalam karirnya.

Micky bisa sukses dalam karirnya, tetapi setelah ia kembali bersatu dengan keluarganya dan kembali menjadikan Dicky sebagai pelatihnya.

Mark Wahlberg berperan sebagai Micky Ward dan ia besar di Massachusetts tidak jauh dari tempat tinggal kakak beradik Dickie dan Micky. Wahlberg tahu kisah ini akan menjadi film yang bagus, tetapi ia juga harus belajar cara bertarung, tidak hanya di ring tinju tetapi juga di kantor perusahaan pembuat film agar film ini diproduksi.

Micky Ward (Mark Wahlberg) di atas ring tinju.

Micky Ward (Mark Wahlberg) di atas ring tinju.

"Saya sudah berjanji pada Micky, Dickie, Alice, Charlene dan orang-orang lainnya yang terlibat dalam cerita ini bahwa kami akan berusaha agar film ini dibuat. Sejak awal saya menyukai cerita ini," jelas Wahlberg,"cerita yang luar biasa, sebuah dunia yang benar-benar baru dan menarik yang belum banyak diketahui orang ... dan itu bukan kesengajaan. Maka saya bermaksud menampilkan dunia itu dalam film, seperti perjalanan Micky untuk menjadi juara. Ia menjalaninya dan berusaha mewujudkannya.”

Amy Adams berperan sebagai Charlene yang berani dan berbicara apa adanya. Ia merasa terjebak di antara Micky dan keluarganya:
"Ia hanya seorang gadis yang mencoba berbuat baik… mencoba mengungkapkan apa yang ia rasakan,” kata Adams."Yang membuat saya tercekat adalah Charlene memiliki kepribadian yang baik dan ia tidak pernah sekalipun mengatakan ,’ini lho kisah saya’. Ia tidak berusaha menarik perhatian orang kepada dirinya. Ia benar-benar gembira kisah Micky ini dibuat film dan ia sangat mendukungnya.”

Mickey O’Keefe (kiri), polisi yang juga menjadi pelatih Micky.

Mickey O’Keefe (kiri), polisi yang juga menjadi pelatih Micky.

Christian Bale memerankan Dickie yang harus mengatasi kebiasaannya menyakiti dirinya sendiri sebelum ia benar-benar bisa mendukung kebutuhan adiknya.

"Menurut saya awalnya ia sebenarnya adalah sumber inspirasi dan kemudian saya pikir ia membingungkan adiknya karena mereka adalah keluarga yang dekat satu sama lain,” kata Bale. "Setelah Dickie berhasil mengatakan bahwa waktu untuk dirinya sudah lewat, maka giliran Micky tiba…dan kemudian menyakinkan seluruh keluarga tentang ini, yang membutuhkan usaha… setelah itu Dicky masih membantu Micky [dan] saya kira itu tidak akan terjadi tanpa kerjasama keduanya. Film ini tidak akan ada tanpa hubungan yang erat antara kakak-beradik itu.”

Meskipun film ini membuat rekaan ulang beberapa pertandingan penting dalam awal karir Micky Ward, sutradara David O. Russell mengatakan perjuangan keluarga inilah yang benar-benar merupakan inti cerita film “The Fighter.”

Mark Wahlberg (kiri) bersama sutradara David O. Russell.

Mark Wahlberg (kiri) bersama sutradara David O. Russell.

"Christian dan saya awalnya sepakat bahwa Dicky harus seseorang yang disukai," kata Russell. "Mark dan saya tahu bahwa Micky seseorang yang disukai karena ia yang membuat film ini menarik, dan yang penting adalah bagaimana membuat Mark menjiwainya, merasakannya dan memahami mengapa Micky melakukan itu dan mengapa ia memerlukannya. Inti ceritanya adalah: mengapa Micky menginginkan kekuatan-kekuatan yang memaksanya kedalam pertandingan. Itulah ujian berat yang harus ia hadapi- Charlene, keluarga dan kakaknya. Ia mendapatkan disiplin dari pelatih dan mendapatkan inspirasi dari kakaknya. Tidak ada inspirasi yang lebih baik dari itu.

Micky Ward memenangkan kejuaraan IBF kelas bulu pada tahun 2000. Ia pensiun dari ring tinju tahun 2003. Film “The Fighter” menampilkan Melissa Leo sebagai Alice, ibu yang sangat ketat menjaga anak-anaknya tetapi maksudnya baik, mantan perwira polisi Mickey O'Keefe yang berperan sebagai dirinya sendiri, pelatih Micky ketika ia kembali meniti karir. Sebagian besar film ini berlokasi di kota Lowell, Massachusetts, kota kelahiran Micky dan Dickie.

XS
SM
MD
LG