Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Laporkan Hasil Konferensi Donor di Kabul


Sekjen PBB Ban Ki-moon, Presiden Hamid Karzai, dan Menlu AS Hillary Clinton, dalam konferensi donor di Kabul, Afghanistan 20 Juli 2010.

Sekjen PBB Ban Ki-moon, Presiden Hamid Karzai, dan Menlu AS Hillary Clinton, dalam konferensi donor di Kabul, Afghanistan 20 Juli 2010.

Ban Ki-moon gembira atas hasil konferensi, tetapi perlu ditindak-lanjuti pemerintah Afghanistan dan masyarakat internasional.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon mengatakan rencana pemerintah Afghanistan untuk mengambil alih keamanan sebelum tahun 2014, memajukan pemerintahan, dan memerangi korupsi, adalah proses yang lama dan menghadapi banyak tantangan.

Ban mengatakan demikian hari Jumat ketika memberi keterangan kepada Dewan Keamanan mengenai konferensi donor internasional yang ia pimpin, yang membahas masa depan Afghanistan. Konferensi itu diadakan di Kabul sebelumnya pekan ini.

Jurubicaranya, Martin Nesirky, mengatakan Ban gembira atas hasil konferensi tersebut, tetapi menambahkan bahwa kata-kata harus disusul dengan perbuatan dari pemerintah Afghanistan dan masyarakat internasional.

Sementara itu, para pejabat NATO mengatakan empat tentara Amerika tewas dalam pengeboman di Afghanistan selatan, di mana pasukan internasional sedang mempergencar usaha melawan Taliban.

Pasukan Bantuan Keamanan Internasional NATO mengatakan hari Sabtu keempat tentara itu tewas setelah terjadi serangan dengan menggunakan bom rakitan, senjata yang biasa digunakan oleh pemberontak Taliban. Belum ada yang mengklaim bertanggung-jawab atas pengeboman itu.

XS
SM
MD
LG