Tautan-tautan Akses

Mullen: Pasukan Koalisi Siap Lancarkan Operasi Besar Tumpas Taliban


Komandan militer tertinggi Amerika, Laksamana Mike Mullen mengatakan hal itu setelah tiba di Afghanistan pada hari Minggu.

Komandan militer tertinggi Amerika mengatakan pasukan koalisi di Afghanistan sedang bersiap-siap melancarkan operasi besar-besaran untuk menumpas Taliban.

Ketua Kepala-kepala Staf Gabungan, Laksamana Mike Mullen yang tiba di Afghanistan hari Minggu, mengatakan kepada para diplomat di Kabul bahwa sudah tiba saatnya pasukan Amerika dan pasukan NATO menunjukkan hasil yang sudah lama di tunggu-tunggu.

Kata Laksamana Mullen, operasi di bagian timur dan selatan Afghanistan penting bagi kesuksesan operasi secara keseluruhan. Kota Kandahar di bagian selatan, benteng kuat Taliban, harus bisa direbut, katanya.

Sisa pasukan berjumlah 30.000 yang diperintahkan Presiden Obama untuk dikirim ke Afghanistan, diperkirakan akan tiba pada bulan September. Kebanyakan dari mereka akan ditempatkan di kawasan Kandahar untuk memperkuat operasi keamanan yang sedang berjalan.

Kata Laksamana Mullen lagi, pada akhir tahun ini akan bisa diketahui apakah strategi penambahan pasukan yang diperintahkan presiden Obama akhir tahun lalu akan bisa memperkuat posisi pasukan koalisi. Kata Presiden Obama, ia yakin bahwa Amerika akan bisa mulai menarik pasukannya dari Afghanistan pada bulan Juli tahun depan.

XS
SM
MD
LG