Tautan-tautan Akses

Amerika Cari 2 Tentaranya yang Hilang di Afghanistan


Kelompok Taliban Afghanistan mengaku menyandera seorang tentara AS dan menewaskan seorang lainnya.

Kelompok Taliban Afghanistan mengaku menyandera seorang tentara AS dan menewaskan seorang lainnya.

Kelompok Taliban menawarkan pertukaran mayat seorang tentara AS itu dengan sejumlah anggota Taliban yang ditahan.

Laksamana Mullen mengatakan pasukan Amerika di Afghanistan sedang melancarkan apa yang disebutnya “usaha besar-besaran” untuk menemukan dua orang anggota angkatan laut Amerika yang hilang sejak hari Jumat.

Itu dikatakan Mullen kepada wartawan di Kabul hari Minggu, setelah Taliban mengklaim telah membunuh seorang tentara Amerika dan menahan seorang lainnya.

Kata jurubicara Taliban, kedua orang tentara itu masuk ke kawasan yang dikuasainya dan memicu pertempuran singkat yang menewaskan seorang dari mereka. Kantor berita Associated Press melaporkan Taliban menawarkan pertukaran mayat tentara Amerika itu dengan sejumlah anggota Taliban yang ditahan.

Kedua orang personil angkatan laut itu meninggalkan ibukota Kabul hari Jumat dengan mengendarai mobil berlapis baja menuju distrik Charkh yang dikuasai Taliban.

Amerika dilaporkan menawarkan hadiah 20.000 dolar AS bagi barangsiapa yang bisa memberikan informasi untuk membebaskan tentara Amerika yang ditahan itu, tapi Laksamana Mullen mengatakan tidak tahu menahu tentang uang hadiah itu.

Hanya ada seorang tentara Amerika yang diketahui ditangkap pemberontak di Afghanistan. Orang itu adalah Bowe Bergdahl yang menghilang bulan Juni tahun lalu dari posnya di propinsi Paktika. Sejak itu ia tampak muncul dalam beberapa rekaman video yang dipasang di website Taliban.

XS
SM
MD
LG