Tautan-tautan Akses

Jenderal Stanley McChrystal Pensiun


Jenderal Stanley McChrystal (kiri) dan Duta Besar AS untuk Afghanistan, Karl Eikenberry.

Jenderal Stanley McChrystal (kiri) dan Duta Besar AS untuk Afghanistan, Karl Eikenberry.

Upacara pensiun telah diadakan bagi Jenderal Stanley McChrystal, mantan panglima pasukan Amerika di Afghanistan.

Upacara pensiun telah diadakan bagi Jenderal Stanley McChrystal, mantan panglima pasukan Amerika di Afghanistan yang dipaksa meletakkan jabatan, setelah ucapannya mengenai para pejabat pemerintahan Obama yang dimuat dalam majalah.

Jenderal McChrystal mengakhiri karir 34 tahunnya dalam Angkatan Darat Amerika hari Jumat dalam upacara yang dihadiri Menteri Pertahanan Robert Gates, dutabesar Afghanistan di Amerika Serikat Said Jawad dan lain-lain di Fort McNair di Washington.

McChrystal mengatakan masa dinasnya tidak berakhir sebagaimana dikehendakinya, tetapi menyatakan perasaannya yang berterima kasih atas karir militernya. Menteri Pertahanan Robert Gates juga menyampaikan penghargaan kepada jenderal berbintang empat itu dalam upacara tersebut.

Bulan lalu, Presiden Amerika Barack Obama menerima peletakan jabatan McChrystal. Presiden sebelumnya memerintahkan agar jenderal itu kembali ke Washington untuk menjelaskan beberapa komentar dalam majalah Rolling Stones yang diucapkan McChrystal dan beberapa staffnya.

Kutipan dalam majalah tersebut tersebut mengritik para pejabat pemerintah AS, antara lain, Wakil Presiden Amerika Joe Biden, Penasehat Keamanan Nasional James Jones dan Dutabesar Amerika di Afghanistan Karl Eikenberry.

XS
SM
MD
LG