Tautan-tautan Akses

Sekjen NATO Serukan Aliansi agar Lebih Efisien


Sekjen NATO, Anders Fogh Rasmussen saat memberikan pidato pada pembukaan KTT di Lisbon hari Jumat.

Sekjen NATO, Anders Fogh Rasmussen saat memberikan pidato pada pembukaan KTT di Lisbon hari Jumat.

Anders Fogh Rasmussen membuka KTT NATO di Portugal hari Jumat, dengan menyerukan agar aliansi lebih efisien.

Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen membuka KTT bersejarah di Portugal hari Jumat, dengan menyerukan agar aliansi lebih efisien, dengan kemampuan moderen guna bertahan dari "ancaman modern."

Rasmussen mengatakan aliansi menghadapi berbagai tantangan baru abad ke-21, termasuk terorisme global, penyebaran rudal dan keamanan internet.

Presiden Amerika Barack Obama kemungkinan akan memanfaatkan KTT di Lisbon itu untuk mengungkap rencana penarikan mundur selama empat tahun bagi 130 ribu pasukan tempur aliansi itu di Afghanistan.

Obama mengatakan KTT itu merupakan kesempatan penting bagi para pemimpin untuk “bersatu” pada rencana untuk secara bertahap mengalihkan kendali Afghanistan kembali ke pasukan keamanan Afghanistan, awal tahun depan.

Satu konsep strategi baru bagi aliansi juga akan diusulkan dalam KTT dua-hari itu, yang dikatakan Rasmussen akan berfungsi sebagai "peta jalan" bagi NATO dalam dekade mendatang.

Bekas saingan Perang Dingin, Rusia, diundang ke Lisbon dalam upaya meningkatkan kerjasama Moskow mengenai isu-isu mencakup sistem rudal pertahanan baru untuk Eropa dan perang Afghanistan.

XS
SM
MD
LG