Tautan-tautan Akses

NATO Diperkirakan Setujui Penarikan Pasukan dari Afghanistan


Para kepala negara 28 anggota NATO berpose bersama di Lisbon, Portugal.

Para kepala negara 28 anggota NATO berpose bersama di Lisbon, Portugal.

Pemimpin 28 negara NATO di Lisbon diperkirakan akan menyetujui rencana pengalihan keamanan kepada pasukan Afghanistan tahun depan.

Perang satu dekade di Afghanistan menjadi prioritas agenda selagi para pemimpin 28 negara anggota NATO bertemu pada hari kedua dari KTT dua hari di Lisbon, ibukota Portugal.

Para kepala negara diperkirakan akan menyetujui rencana yang mencanangkan agar tentara NATO mulai mengalihkan pengamanan kepada pasukan pemerintah Afghanistan tahun depan, yakni awal dari proses transisi yang dirancang akan selesai menjelang akhir tahun 2014. Presiden Afghanistan Hamid Karzai menghadiri sidang hari Sabtu ini.

Hari Jumat, para pemimpin NATO mencapai kesepakatan untuk membentuk sistim pertahanan misil yang diperluas, yang menurut Presiden Amerika Barack Obama akan membuat Eropa dan dunia lebih aman.

Presiden Obama mengatakan kemampuan sistim itu cukup kuat untuk melindungi seluruh populasi NATO di Eropa dan Amerika.

Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen mengatakan sistim itu akan menelan biaya 273 juta dollar selama sepuluh tahun mendatang.

Rusia diundang untuk ambil bagian dalam sistim itu. Sebagai isyarat menghangatnya hubungan antara NATO dan Rusia, Presiden Rusia Dmitry Medvedev akan menghadiri pertemuan hari Sabtu, dimana ia akan menerima rencana sistim pertahanan misil itu. Ia juga akan bertemu empat mata dengan Presiden Obama.

XS
SM
MD
LG