Tautan-tautan Akses

Obama Bertolak ke Lisbon untuk Hadiri KTT NATO


President Barack Obama akan menghadiri KTT NATO di Lisbon, Portugal.

President Barack Obama akan menghadiri KTT NATO di Lisbon, Portugal.

Para pemimpin aliansi militer 28 negara diperkirakan akan membicarakan masa depan usaha militer NATO di Afghanistan.

Presiden Amerika Barack Obama sedang dalam perjalanan ke ibukota Portugal, Lisbon, untuk menghadiri KTT NATO, di mana Afghanistan diperkirakan akan menjadi topik pembicaraan utama.

Para pemimpin dari aliansi militer beranggotakan 28 negara itu diperkirakan akan membicarakan masa depan usaha militer NATO di negara di Asia Selatan itu dan menyerahkan tanggung-jawab keamanan kepada pasukan Afghanistan selambat-lambatnya tahun 2014.

Obama diperkirakan akan menguraikan rencana penarikan 4 tahun 130.000 tentara NATO, yang akan dimulai tahun depan dan akan secara lambat-laun menyerahkan kontrol kepada pasukan keamanan Afghanistan.

Juru bicara Pentagon, Geoff Morrel, menjelaskan hari Kamis bahwa jadwal tersebut tidaklah kaku. Dia mengatakan rencana itu menghendaki pengalihan itu rampung selambat-lambatnya akhir tahun 2014, yang secara efektif berarti tahun 2015.

Pasukan NATO diperkirakan akan terus melakukan pelatihan dan tugas kemanusiaan untuk beberapa lama setelah itu.

Dalam KTT dua hari itu, para pemimpin NATO diperkirakan akan mengumumkan konsep strategi baru untuk aliansi itu, yang akan mencakup pertahanan yang lebih kuat terhadap terorisme cyber dan terhadap rudal balistik.

XS
SM
MD
LG