Tautan-tautan Akses

Sanders Menang Besar di 3 Negara Bagian


Kandidat Capres AS dari Partai Demokrat, Partai Demokrat dalam sebuah kampanye (foto: dok).

Kandidat Capres AS dari Partai Demokrat, Partai Demokrat dalam sebuah kampanye (foto: dok).

Senator Bernie Sanders hari Minggu (27/3) menyatakan kampanyenya memiliki momentum dan kini bisa melihat "jalan menuju kemenangan" atas saingannya, Hillary Clinton.

Setelah menyapu tiga kaukus Partai Demokrat, Senator Vermont Bernie Sanders hari Minggu (27/3) menyatakan kampanyenya memiliki momentum dan kini bisa melihat "jalan menuju kemenangan" atas saingannya, mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton.

"Kami akan memenangkan proses nominasi ini,” ujar Sanders dengan rasa percaya diri kepada stasiun televisi ABC, sehari setelah menang besar atas Clinton di tiga negarabagian di Pantai BaratAmerika: Washington, Hawaii, dan Alaska.

Walaupun mengantongi kemenangan itu, Sanders menghadapi tantangan sulit untuk mengejar ketertinggalan dari Clinton.

Clinton unggul dengan hanya sedikit di bawah 300 delegasi, yang dialokasikan sesuai hasil pemungutan suara. Ia juga mendapat dukungan dari sebagian besar delegasi yang disebut “super-delegates”, yang bebas mendukung calon mana saja.

Banyak pengamat politik berpendapat, Sanders tidak akan bisa mengejar ketinggalan dari Clinton, dan menyarankan Sanders mundur guna memungkinkan Clinton berfokus pada calon presiden yang nantinya dinominasi Partai Republik. Sanders hari Minggu menolak seruan itu. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG