Tautan-tautan Akses

Sanders Rebut Dua Kemenangan Besar Kaukus, Republik Berbagi


Kandidat Capres AS dari Patai Republik, Senator Bernie Sanders di San Diego Convention Center (22/3).

Kandidat Capres AS dari Patai Republik, Senator Bernie Sanders di San Diego Convention Center (22/3).

Unggulan terdepan calon presiden dari Partai Demokrat dan Partai Republik berbagi kemenangan dengan para pesaing utama mereka dalam serangkaian pemilihan pendahuluan di sejumlah negara bagian di wilayah barat AS.

Donald Trump dari Partai Republik menang mudah di Arizona dan merebut seluruh 58 delegasi, mengalahkan senator Texas Ted Cruz dengan lebih dari 20 persen suara.

Cruz bangkit kembali dengan kemenangan meyakinkan di Utah. Ia memperoleh lebih dari 50 persen suara sehingga membuatnya berhak memperoleh seluruh 40 delegasi di Utah, dan tidak berbagi dengan Trump. Cruz dan kandidat lain dari Partai Republik yang masih bertahan, Gubernur Ohio John Kasich, berusaha menghalangi Trump meraih 1.237 delegasi yang diperlukan untuk memastikan meraih nominasi partainya sebelum konvensi partai tersebut Juli mendatang.

Senator Vermont Bernie Sanders meraih dua kemenangan yang sangat dibutuhkannya untuk bertahan dalam persaingan di kubu Demokrat. Ia memenangkan kaukus diIdaho dan Utah dengan lebih dari 70 persen suara atas mantan menteri luar negeri Hillary Clinton.

Demokrat membagi delegasi berdasarkan proporsi perolehan suara,sehingga Sanders harus meraih kemenangan besar untuk bisa mengimbangi Clinton yang memimpin dalam perolehan delegasi. Clinton sendiri memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di Arizona dengan marjin besar. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG